Trik Sederhana Membersihkan RAM

ram
Terkadang, saat kinerja komputer kita menjadi lemah, semua aktifitas menjadi terganggu. Apalagi jika loading menjadi jauh lebih lambat. Seakan-akan mengerjakan tugas yang mudah pun menjadi jauh lebih lama selesainya wkwkw. Emang banyak faktor yang mempengaruhi kinerja komputer. Selain karena infeksi virus,  herdisk yang jarang di defrag, ternyata fungsi kerja RAM juga ikut berpengaruh. Ada baiknya kita sesekali membersihkan RAM pada PC kita.

Om, RAM itu Apa sih..??

RAM itu adalah singkatan dari Random Access Memory, RAM disini berguna sebagai penyimpanan sementara dalam memori komputer. Jika diibaratkan, RAM adalah sebuah kotak mainan yang HANYA akan menyimpan MAINAN yang paling sering dicari dan yang sering digunakan, jadi saat si PC mencari A (file tersering) pencarian pun akan cepat karena tidak perlu ke kamar-kamar yang lain cukup ke Kamar C/: saja.

RAM juga berfungsi sebagai pemercepat kinerja PC. Mengapa? karena RAM menyediakan ruang penyimpanan sementara bagi komputer untuk menyimpan data-data yang mudah diambil sehingga dapat mempercepat proses loading data dan program yang sering diakses.

Trus bijimane cara bersihinnya om? 
Caranya gampang..!! Tinggal masukkin ke air detergent, lalu bilas *Loh
Haha :D bukan-bukan. Nah,, Untuk cara membersihkannya saya biasanya memakai dua cara, seperti yang dibawah ini.

1. Membersihkan RAM secara fisik
Pembersihan secara fisik perlu dilakukan untuk menghilangkan listrik statis. Listrik statis dapat terjadi karena adanya gesekan sehingga RAM tersebut mengandung muatan listrik. Untuk menghilangkan listrik statis pada RAM, Anda dapat menggunakan alat yang mudah didapatkan. Alat ini adalah penghapus. Penggunaannya pun cukup mudah tetapi perlu ketelitian.

membersihkan secara fisik

Caranya gosokkan penghapus ke pin RAM. Pin-pin ini letaknya ada di bagian bawah. Gosok bagian depan dan belakang RAM dengan hati-hati karena di dekat pin itu terdapat beberapa komponen yang kecil-kecil, usahakan untuk tidak mengenai komponen-komponen tersebut. Setelah itu, bersihkan bekas dari sisa penghapus yang menempel pada pin tersebut dengan cara meniupnya, atau Anda dapat menggunakan blower untuk meniupnya.

2. Membersihkan RAM Secara Sistem
Perlakuan seperti membersihkan RAM secara sistem mungkin jarang sekali dilakukan mengingat kapasitas RAM yang ada di pasaran sudah cukup memadai. Trik untuk membersihkan RAM ini sebenarnya akan menghapus semua data yang tidak aktif yang mungkin masih disimpan dalam RAM.

Berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:
  • Tutup semua aplikasi yang berjalan, termasuk browser internet
  • Buka aplikasi Notepad lalu ketikkan: FreeMem=Space(128000000)

membersihkan secara sistem

  • Kemudian Anda simpan dimana saja. Saat akan menyimpan, jangan lupa hapus ekstensi .txt lalu ubah menjadi .vbs. Ekstensi .vbs akan berubah menjadi sebuah aplikasi, sebagai contoh kita beri nama filenya: ram_free.vbs

membersihkan secara sistem 2

  • Klik dua kali file ram_free.vbs di tempat menyimpan yang sebelumnya telah dibuat. Hal ini akan melakukan reorganisasi dan pembersihan RAM protokol. Proses ini tidak akan menggunakan banyak waktu, hanya dalam hitungan detik sudah selesai.
  • Selesai. Mudah bukan?

Nah, seperti itulah kira-kira cara membersihkan RAM sendiri tanpa bantuan tukang service, alias gratis, wkwk..
Semoga setelah RAM dibersihkan, proses kerja PC kita menjadi lebih baik dari sebelumnya.
Share on Google Plus Email This

2 comments:

  1. AnonymousJune 09, 2017

    jadi membersihkan ram laptop tidak boleh asal dan sembarangan membersihkan ya...
    solder uap

    ReplyDelete

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com